Mengenai Saya

Foto saya
SEKAM TETAP JADI RAJA SAMPAI AKHIR ZAMAN LAMON NYAWA KHIK LAMON JELMA

KENUI BAHUTA


Rabu, 18 Maret 2009

SEJARAH PAKSI BUAY NYERUPA

SEJARAH PAKSI BUAY NYERUPA
(Yayasan Paksi Buay Nyerupa, Akte Notaris No. 19 tanggal 18 Juli 1998)
Kesultanan Paksi Buay Nyerupa tidak terlepas dari paksi pak sekala brak, yang
terdiri dari Cumbung Pak Kelima Sia atau paksi pak kelima buay nekhima atau putri bulan atau putrid nilawati pergi ke matahari terbit, sekarang negeri menggala. Adapun paksi pak tersebut adalah:
1. Paksi Buay Pernong Di Batu Brak Ibu Negeri Hanibung
2. Paksi Buay Belunguh Ibu Negeri Kenali
3. Paksi Buay Nyerupa Di Sukau Dengan Ibu Negeri Tampak Siring
4. Paksi Buay Bejalan Diway Di Kembahang Ibu Negeri Puncak.

Keempat paksi ini bertahta diwilayah skala brak atau + wilayah kabupaten Lampung Barat sekarang, sebelum paksi pak datang diwilayah skala brak masyarakatnya sudah ada yaitu buay tumi yang penduduknya dizaman itu memeluk agama budha dan hindu data tersebut tertulis dalam batu bertulis di prasasti bunu tenuar di hara kuning marga sukau tahun saka 966 (1044 M).

(Pusaka Pedang Naga Buay Nyerupa)
Paksi buay nyerupa sukau mempunyai wilayah kekuasaan sebagai berikut :
“Dari wates perbatasan dengan kembahang terus kehilian khubok padang dalom naik ke gunung pesagi balak terus ke pesagi lunik turun ke gunung pupus, turun di way kiwis terus kekawor nebak villa membelah way ranau terus ke way panas julang naik kegunung seminung terus kesulung turun mit kawit kerambay turun mit way jangkar menyancang terus mit punjung mendapatkan way laay terus kelawok kuala stabas, membelok ke way balau perbatasan marga tenumbang.
( dari tambo kulit kayu sukau dan disahkan oleh residen bengkulen tertanggal 12 Mei 1865 no 1121)”
Ratu buay nyerupa naik tahta tahun 1420 M. di negeri tampak siring sukau sekarang diatas kunyayan tuha sekitar bukit tumi. Permaisuri ratu buay nyerupa bernama ratu sifaa kemala sakti, ratu buay nyerupa adalah seorang ulama (waliyulloh) penyebar agama islam. Di pemerintahan dia bersemboyan “ LAMON NYAWA LAMON JELMA” artinya banyak saudara banyak juga rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar